Halaman

Senin, 29 September 2008

KIS (Karya Ilmiah Siswa) di SMKN 2 Yogyakarta Belum Sepenuhnya Aktif

Seperti sekolah-sekolah lain pada umumnya, di SMKN 2 Yogyakarta juga terdapat kegiatan ekstrakurikuler KIS (Karya Ilmiah Siswa) atau biasa kita sebut KIR (Karya Ilmiah Remaja). Namun, sayangnya kegiatan KIR di SMKN 2 Yogyakarta ini belum sepenuhnya aktif. Hal ini disebabkan beberapa faktor, anatara lain karena sedikitnya peminat dan basecamp KIR telah tergusur oleh kegiatan yang lain. Ditambah lagi dengan kurang adanya guru pembimbing yang selalu standby untuk kegiatan KIR, dikarenakan guru pembimbing masih guru mata pelajaran di sekolah, sehingga seringkali tidak mempunyai yang cukup luang untuk melakukan penelitian-penelitian ilmiah.

Siswa-siswa peminat KIR juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang lain. Kurang aktifnya KIR membuat siswa sedikit melupakan KIR karena sibuk dengan kegiatan lain yang ia tekuni dan yang tak dapat dipungkiri kegiatan lain tersebut lebih optimal bekerja. Kebanyakan siswa mengikuti lebih dari 1 kegiatan untuk menambah pengalaman, sehingga menyebabkan perhatiannya kurang tertuju fokus untuk 1 kegiatan karena jadwalnya terbagi untuk banyak kegiatan.
Kapankah KIR SMKN 2 Yogyakarta bergerak aktif? Kita sendirilah yang tahu jawabnya. Ayo kita aktifkan KIR di sekolah kita. Kegiatan KIR sebenarnya sangat diibutuhkan dan bermanfaat. Kegiatan KIR dapat membantu siswa untuk bekerja ilmiah dengan melakukan penelitian-penelitian lapangan, berhadapan langsung dengan objek penelitian. Selain ilmu yang didapatkan ketika di kelas, sangat penting juga ilmu dari hasil penelitian-penelitian lapangan. Jadi, kita semua bisa lebih maju dan aktif. Ayo kita majukan Indonesia dari hal yang sekecil apapun. Semua hal bisa menjadi baik dan maju dimulai dari hal-hal yang kecil

Tidak ada komentar: